Polling

Layanan Informasi apa yang perlu ditambahkan Di Web site ini?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 32
Pengunjung Bulan ini : 79
Total Pengunjung : 501

Produk Unggulan

Peternakan Babi Dusun Batu Hitam


 

            Dalam kehidupan sehari-hari manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya memiliki banyak alternatif pekerjaan, salah satunya dengan cara berternak. Salah satu peternakan yang paling banyak dijadikan sebagai usaha peternakan adalah peternakan babi. Peternakan babi merupakan usaha memelihara babi untuk mendapatkan dagingnya. Babi bisa dipelihara disuatu tempat seperti disekitar ladang, kandang tradisional hingga didalam peternakan babi yang besar dan banyak yang biasanya dipelihara oleh sebuah perusahaan.

            Peternakan babi di Kalimantan Timur seperti di Bontang memiliki keuntungan besar mencapai 90% hasil ternak dari Desa Kanaan mencapai 2441 ekor dan terlihat setiap kepala rumah tangga bisa memelihara dan berternak babi 2 – 50 ekor. Namun di Samarinda sendiri terjadi banyak masalah karena bau dari ternak babi, sehingga pemerintah Kaltim memindahkan ternak yang berada di Samarida ke Tanah Merah yang jauh dari pemukiman warga. Tempat peternakan babi di Tanah Merah mencapai 100 hektar dengan perlengkapan tempat tinggal, makanan dan peralatan untuk mengurus ternak babi.

            Dusun Batu Hitam yang termasuk wilayah Desa Loa Duri Ulu Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan wilayah penghasil ternak babi. Salah satu peternak babi yang ada di Dusun Batu Hitam adalah Bapak Diwan. Bapak Diwan memiliki usaha peternakan babi sejak tahun 1998 dan sudah berjalan sampai sekarang sekitar 20 tahun lamanya. Bapak Diwan memiliki usaha ternak babi dengan membuat kandang di kawasan ladang yang cukup jauh dari pemukiman warga.

                                          

          Adapun jenis babi yang diternak oleh Bapak Diwan adalah jenis babi inggris sebanyak 50 ekor. Babi inggris dapat melahirkan 2 kali dalam setahun. Babi betina hamil dalam jangka 3 bulan 3 minggu 3 hari. Babi inggris dapat melahirkan 7 – 10 anak babi.  Penjualan babi meningkat menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru sebagai hidangan Hari Raya bagi umat Kristiani.

                                    

        Peternakan babi yang berada di Dusun Batu Hitam Desa Loa Duri Ulu merupakan salah satu peternakan babi terbaik yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara. Hal tersebut dikarenakan peternakan babi jauh dari pemukiman warga setempat serta peternakan tersebut dikelola dengan baik.


Share :