Polling

Layanan Informasi apa yang perlu ditambahkan Di Web site ini?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 32
Pengunjung Bulan ini : 79
Total Pengunjung : 501

Produk Unggulan

Pengusaha Gula Aren Gintung


PENGUSAHA GULA AREN

            Pohon aren adalah salah satu dari jenis tanaman palma penghasil gula. Gula Aren atau biasa disebut gula merah merupakan olahan dari bunga jantan pohon Aren. Adapun jenis tanaman palma adalah Cocos Nucifera (Kelapa), Arenga Pinnata (Aren), Nypa fructians (Nipah), dan Borassus flabellifer (Lontar). Di Indonesia pohon aren dapat tumbuh di lahan kritis dan kontur lahan datar atau miring sekaligus mampu mengkonservasi lahan gundul. Dalam sebauah penelitian terbukti bahwa akar dari pohon aren memiliki kemampuan mengikat air dengan baik sehingga bisa ditanam di daerah yang relatif kering.

                  Desa Loa Duri Ulu adalah wilayah yang terletak pada Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Karta Negara di Provinsi Kalimantan Timur. Desa Loa Duri Ulu memiliki berbagai potensi sumber daya alam, salah satunya adalah penghasil gula aren. Saat ini berada di Dusun Karya Baru RT 10 yang dikelola oleh seorang warga yang kerap dipanggil Bapak Subandi. Untuk produksi per hari dapat mencapai 9-12 pokok atau setara dengan 120 Liter cairan Nira. Hasil pengolahan mencapai 15 bungkus perhari dengan harga Rp 20.000-, per bungkus. Keuntungan dari usaha gula aren berkisar Rp 6.000.000 – 9.000.000 secara keseluruhan per bulannya.

                                    

                 Gula Aren ini memiliki cita rasa yang gurih untuk pecinta masakan dengan gula merah dan memiliki tekstur keras yang menandakan keaslian dari hasil pengolahan gula aren. Campuran rendaman batang pohon nangka merupakan pengawet dari produksi gula aren Desa Loa Duri Ulu membuat gula aren ini tahan lama. Patut dicoba bagi anda yang berminat gula merah dari Desa Loa Duri Ulu.


Share :