s

Produk Unggulan

Petani Dusun Batu Hitam


     Kutai Baru RT 16 dan Sungai Pimping RT 17 yang berada di Dusun Batu Hitam merupakan salah satu dari lima dusun yang berada di Desa Loa Duri Ulu. Dusun Batu Hitam memiliki beragam suku seperti suku Bima, suku Toraja, suku Bugis, suku Dayak, dan suku Jawa. Pertanian merupakan mata pencaharian sebagian besar penduduk Desa Loa Duri Ulu Dusun Batu Hitam.

     Terdapat 11 (sebelas) kelompok tani yang berada di Desa Loa Duri Ulu. Terbagi menjadi 2 (dua) kelompok wanita tani yaitu KKWT Pimping Sejahtera dan 9 (sembilan) kelompok pertanian. Di Dusun Batu Hitam sendiri terdapat 6 (enam) kelompok tani. Total luas lahan pertanian di Desa Loa Duri Ulu yaitu 150 Ha. Terdiri dari 30 Ha lahan kering dan 120 Ha lahan basah.

     Jenis padi yang ditanam para petani adalah  jenis padi Kongga dan Serang. Kemudian benih padi tersebut diseleksi terlebih dahulu sesuai dengan aturan dinas terkait. Dalam jangka waktu 1 (satu) tahun, petani dapat memanen padi sawah sebanyak 2 (dua) kali. Hasil panen petani di Dusun Batu Hitam mencapai 4 (empat) sampai 5 (lima) Ton. Namun para petani memiliki beberapa kendala yaitu dalam aspek perairan padi. Seperti pada saat musim kemarau, sawah mengalami kekeringan dan hasil panen tidak maksimal.

     Dengan adanya potensi pertanian yang bagus, sangat disayangkan banyak lahan pertanian terjual. Lahan pertanian tersebut dibuat kaplingan lalu dijual, dikarenakan pemilik tanah tersebut bukan penduduk Desa Loa Duri Ulu. Kebanyakan pemilik tanah ini berasal dari  daerah Samarinda dan Loa Janan. Namun, ada beberapa lahan pertanian yang dapat dipinjam untuk bertani (menanam padi) selama yang bersangkutan belum memakai/memanfaatkan lahan tersebut. 

     Salah satu kelompok tani yang berada di Dusun Batu Hitam adalah Kelompok Tani Usaha Abadi. Para petani dikelompok tani tersebut menggunakan metode Hazton dan Jajar Legowo.  Hazton merupakan modifikasi budidaya tanaman padi dengan menanam benih tanaman yang digunakan adalah benih tua yang berumur 25 – 30 hari. Tehnik hazton sangat tepat bagi daerah endemik keong mas, karena dengan penggunaan bibit tua, kerusakan akibat keong mas akan berkurang secara signifikan. kebutuhan bibit untuk persemaian pun meningkat tajam.

    Sedangkan metode Jajar Legowo Penerapan disarankan menggunakan jarak tanam (25x25) cm antar rumpun dalam baris; 12,5 cm jarak dalam baris; dan 50 cm sebagai jarak antar barisan/lorong atau ditulis (25x12,5x50) cm. Hindari penggunaan jarak tanam yang sangat rapat, misalnya (20x20) cm, karena akan menyebabkan jarak dalam baris sangat sempit.

   Para petani di Kelompok Tani Usaha Abadi tidak mengalami kesulitan dalam subsidi pupuk, karena pada setiap tahun petani mengajukan subsidi pupuk kepada pemerintah dan dinas terkait. Akan tetapi, para petani mengeluhkan bahwa hama merupakan hambatan terbesar dalam proses bertani. Jenis hama tersebut adalah hama walang sangit dan ulat. Hama tersebut mengakibatkan para petani hanya dapat memanen 40% dari total padi yang ditanam. Sebanyak 60% sisanya dibakar karena hama. Padi yang terkena hama kemudian dibakar dengan maksud memusnahkan rantai hama. Selain itu, penelitian terkait hama masih kurang. Sehingga sangat minim pengetahuan tentang pengendalian hama yang menyerang padi sawah mereka.

    Para petani di Kelompok Tani Usaha Abadi mengajukan pelatihan mengenai pengendalian hama kepada pemerintah. Kemudian, para petani mendapatkan Pelatihan dari dinas terkait tentang iklim oleh Sekolah Lapangan Pelatihan Hama Terpadu. Akan tetapi iklim dan cuaca berbeda, sehingga hasil panen tidak maksimal.

    Para petani di Kelompok Tani Usaha Abadi mengajukan pelatihan mengenai pengendalian hama kepada pemerintah. Kemudian, para petani mendapatkan Pelatihan dari dinas terkait tentang iklim oleh Sekolah Lapangan Pelatihan Hama Terpadu. Akan tetapi iklim dan cuaca berbeda, sehingga hasil panen tidak maksimal.

                                             


Share :  

Polling


Layanan Informasi apa yang perlu ditambahkan Di Web site ini?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 34
Pengunjung Bulan ini : 45
Total Pengunjung : 56

Jumlah Penduduk



Copyright © Desa LOA DURI ULU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA 2014